Monday, August 27, 2007

jolma + (my) graduation day ep.1

Selasa, 21 Agustus 2007
08.01

H-2, dua hari lagi gw bakal pake jubah kegedean di dalemnya pake kebaya warna warni. Besok gw ama keluarga dan beberapa orang yang ikut serta juga berangkat ke Bandung buat wisudaan gw. Persiapan buat ke sana uda dari kmaren, yang booking tempat nginep, minjem mobil kantor Babeh, beli handycam (man!). Untuk minjem mobil kantor ternyata gagal, jadinya ngerental mobil yang gw rasa cukup mahal. Yang ada sekarang gw ngerasa guilty dan ga enak ati gara2 pengeluaran yang begitu besar yang dikeluarin hanya untuk seremoni yang ga penting selama beberapa jam. Huaa..

Its not that I'm showing off my family's wealth, cause we don't have much to be showed off. Gw ga suka aja harus berada kondisi seperti ini, bikin gw ngerasa berhutang, ngerasa ga enak, padahal bisa aja meminimize cost tanpa harus segede ini seandainya aja gw ga minta yang aneh2. Seandainya aja gw bisa berpuas diri dengan minjem Digicam orang, ato make Digicam jadul di rumah yang langsung mati dalam jepretan ke-7, ato berpuas dengan sempit2an nginep di kosan gw sebagaimana temen kosan gw dulu barengan ama keluarganya.

Kondisi gini bikin gw berpikiran tentang pekerjaan gw, bahwa gw harus cepet2 dapet kerjaan buat balikin modal yang uda dikeluarin ama ortu buat gw selama ini. Emang si, ortu pasti ga akan minta imbalan ato sejenisnya. Kasih ortu tanpa pamrih. Tapi, berasa jadi satu kewajiban buat gw untuk bisa payback salah satunya at least dengan dapet kerjaan.

Ini jadi faktor yang mempengaruhi rencana2 gw tentang pekerjaan dan masa depan gw. Awalnya gw dengan segala ekspektasi dan idealisme gw berkeinganan buat jadi seorang reporter di Kompas Jabar. Alasannya? Menjadi jurnalis adalah hasrat terpendam gw dan gw uda jatuh cinta ama kota Bandung, and I'm not interested to live a worklife in the crowded-city Jakarta. Kemudian gw me-review ulang lagi rencana gw, karena kondisinya adalah ga mudah buat mencari pekerjaan di Bandung, apalagi di media sekaliber Kompas. Sempet dapet kabar kalo Pikiran Rakyat lagi open recruitment, tapi semangat gw menghilang entah kemana begitu denger nama surat kabar itu. Angkuh? Yah, sedikit..

Ga pantes juga kali ya gw berhasrat jadi seorang jurnalis, ketika gw dengan keangkuhan gw meng-under estimate koran lokal, bukankah itu ga boleh jadi rintangan tapi tantangan? Bahwa gw memulai dari bawah sebagai jurnalis.
Oh, tapi selain itu, rasanya hasrat gw menjadi seorang jurnalis juga sedikit menguap di tengah2 panasnya pressure yang gw alamin, entah pressure dari luar ato dari dalam diri gw sendiri. Lamaran2 gw mulai melayang ke bank dan perusahaan-perusahaan yang membuka Management Trainee. Pernah ditawarkan menjadi Customer Service oleh seorang sesepuh di Navigator, tapi dengan ego gw *maklum waktu itu masih satu minggu jadi pengangguran* mengesampingkan tawaran itu dengan dalih ga pengen jadi frontliner, dan ga pengen di Jakarta. Sempet disarankan itu untuk jadi sebuah batu loncatan, tapi logika gw ga nerima konsep itu. Padahal uda ada bukti nyata, kakaknya temen gw yang lulusan D3 memulai dari posisi Customer Service dan sekarang jadi seorang Authorized Signer *posisi yang cukup OK* dalam dua tahun! Gosip yang gw denger sih jadi seorang Customer Service emang lebih mudah meningkat karirnya.

Have no idea, pikiran dan logika gw uda tersumpal dengan segala idealisme2 dan rencana2 yang sedemikian bagusnya *too good to be true rasanya* sampe gelap mata sama semua kesempatan2 yang disodorkan ama gw. So, now I really need to find a job, at least to pay my own bills, lightenning my parents burden.

Oia, kira2 siapa ya PW gw?? ^^
Siapa ya yang bakal kasi bunga krisan, yang gede dan berwarna kuning ama gw?? ^^
Kenapa bunga krisan? Katanya bunga ini match to person who born in November. Katanya ...

No comments: