Sunday, May 27, 2007

jolma + (not my) graduation day

Sabtu, 26 Mei 2007
(bukan subuh2) 22.06

Hari ini hari sabtu, wisudaan di UNPAD, temen kosan gw dan beberapa temen gw yang laen diwisuda. Gw sendiri awalnya uda niat ga mo dateng ke kampus buat nyalamin mereka, karena emang gw uda ada janji ama anak bimbing gw. Janjiannya awalnya jam 11, kemudian mundur jadi jam 12 karena jalanan macet banget (as always kalo di UNPAD lagi ada wisudaan). Nah, otomatis gw ada waktu buat ramah tamah ke kampus, karena ga ada alasan buat mengelak, jadi deh gw dateng ke kampus.
Tapi sayangnya, temen2 gw sendiri yang gw cari, si Intan (temen kosan gw), si Mesry & Naomi (anggota gerombolan si berat) malah ga ketemu. Susah juga sih emang buat menemukan orang di tengah2 massa yang sebanyak itu.

Gw sendiri jadi ngerasa ga enak karena ga nyalam mereka di hari yang berbahagia ini. Dan lagi gw ga dateng ke acara makan2nya Naomi & Mesry, karena emang gw uda janjian ma anak bimbing gw. Gw ama anak bimbing gw makan di jl. Imam Bonjol, untuk pertama kalinya gw nyobain Clemmons yang termashyur itu. Buset, dahsyat banget, porsinya luar biasa. Gw yang tadinya uda laper banget aja mpe ga bisa ngabisin itu makanan, sbenernya enak, tapi karena gw ga kuat ya ga abis deh. Abis makan kita jalan ke Cisral buat ngelanjutin ngobrol2. Oia, waktu ketemuan di Pangdam, dia sempet nangis, dan gw jadi ngerasa 'whoaa' bingung harus gimana, jadi gw cuma bisa jadi a shoulder to cry on. Tapi bersyukur juga, tadi tuh kita jadi cerita2 banyak dan lepas aja becanda2annya. Trus, dia janjian ma kakaknya (ini kakak kandung). Nah, kakaknya ni atep bener. Wanita karir yang mandiri dan lagi di puncak karir deh, cantik, kalem tapi juga bisa rame, bijak dan lain2. Itu first impression yang gw dapet.

Jadi ngerasa termotivasi aja, buat bisa bgitu juga, jadi cewe yang mandiri, seorang wanita karir. Mungkin dengan karir yang berbeda. Sempet juga sharing2 ama dia, apalagi tentang TH. Karena selama ini sering banget Nita minta didoain tentang TH kakaknya, dan waktu ketemu gw jadi heran sendiri, kok bisa ya.. Cewe high quality gini masi melajang. Dia sendiri cerita kalo ketika kerja tu, emang susah banget buat bagi pikiran ke masalah TH. Bukan ga mungkin, hanya susah aja. Wah, jadi sedikit gimana gitu.. Kan gw tinggal beberap minggu lagi jadi mahasiswa ^^ Tapi balik lagi, gw cuma bisa bawa dalam doa.

Abis ngobrol2 di kosan kakaknya Nita, gw balik ke kosan dianterin. Nyampe di kosan ternyata uda pada siap2 buat acara makan2 wisudaannya Intan. Gw otomatis ngebantuin dong, meski uda ngerasa ga enak karena ngilang seharian sementara temen2 yang laen pada ngebantuin dan gw yang jadi temen kosan malah ngilang. Gw juga ikut jadi parhobas (bahasa Bataknya tukang beres2) dengan nyuci piring (doang) yah ama bantu2 poto2in juga(teteup).

Dari sini gw jadi ngerasa there's something wrong with me, gw ngerasa kok komunitas Batak itu bukan komunitas yang bikin gw nyaman kali ini. Yang bener2 kental banget, dan gw ngerasa kalo gw tu jadi alien karena gw ga ngerti bahasanya bener2, ga bisa berbasa/i ama ortunya si Intan, ga bisa bantu2 masak, ga gitu ngerti adat2nya. Dan yang bikin ngenes lagi, gw jadi ngerasa kalo keberadaan gw kurang signifikan di antara orang2 Batak, karena bokapnya si Intan aja ampe lupa siapa gw waktu ketemu di kampus. Man!

Gw ga bisa nyalahin mereka untuk itu, secara mereka juga pasti bisa nyambung dengan orang2 yang bener2 ngertiin mereka. Tapi gw pengen bisa nyalahin mereka, nyalahin karena mereka ga nyoba buat take a look outside their circle, there are people like me, yang ga sepenuhnya ngerti dan memenuhi apa yang mereka ekspektasikan dari gadis Batak.

Gw sendiri ga bangga kok dengan label 'Jakarta (coret)' gw, dengan ke-ngga-bisa-an gw berbahasa Batak dengan baik dan benar, dengan ke-ngga-ngerti-an gw dengan adat2 Batak. Sama sekali ngga. Gw justru pengen bisa ngerti, I just need a chance.

Hmm, mungkin gw yang terlalu sering menuntut kali ya, mungkin gw yang ga ngeliat kalo chance itu uda pernah dikasi ke gw, mungkin gw juga belum memberikan chance buat orang2 lain di sekitar gw dalam hal yang lain. Mungkin.

No comments: