Sunday, March 25, 2007

jolma + temen lama

Jumat, 16 Maret 2007
21.59

Hari ini Bos gw ulang tahun, tadi malem karena gw tidur di atas jam 12 malem dan gw lagi keinget ultah dia, jadinya gw SMS deh. Ga tau deh nyampe apa ngga, soalnya dia lagi di Malaysia.
Tadi malem tuh gw tidur hampir jam 1-an. Eh.. masa' gw bangun jam 8.30, parah. Padahal sih sebenernya waktu gw denger alarm udah bangun, tapi malah ketiduran lagi, tepatnya bukan ketiduran, gw menidurkan diri lagi. Padahal hari ini tuh gw tadinya bertekad mo bangun pagi2, beres2 dulu sebelum nyari2 data ke BPS, BPLH dan cao ke BEC buat beli MP3 playernya Ican.

Jadinya gw cuman sempet mandi, itu juga setelah gedor2 (bunyinya sih cuma 'tok tok tok') kamar mandi yang isinya temen kosan gw lagi mandi. Berangkat ke BPLH, gw sengaja pake kaca mata, padahal gw males pake kacamata kecuali kalo lagi depan komputer atau lagi nonton. Soalnya biar ga ketauan banget kalo gw baru bangun tidur.

Baru bangun gitu, dan nyawa masih ngumpul 3/4, sopir angkot yang gw tumpangin nyuebelin buanget. Dimana-mana tuh kalo ngetem ya 5-7 menit, ini 15 menit!! Dan itu ga cuma sekali, awalnya gw masi bisa menahan diri. Lama-lama, gw ngetuk2in kaki gw yang beralaskan sepatu kets ke lantai mobil. Secara gw tepat banget di belakang sopir, pasti kedengeranlah. Dan emang dia cukup tau diri, dan langsung ngacirin itu angkot. Kirain uda kapok ngetem, eh ... nemu tempat mejeng dikit uda ngetem lagi. Ckckckck. Kumat lagi gw ngetok2 itu lantai angkot, kali ini ditambah garuk2 kepala, ngacak2in rambut, trus mulut berbusa2, khehe ngga deng. Ngerti juga itu angkot, tapi sambil ngegeser spion depan sedikit. Lama (bukan pake 'tak lama') kemudian, akhirnya gw tiba juga di tempat tujuan gw. Buset, perjalanan yang bisa 10 menit harus gw tempuh selama hampir 4 kali lipat lamanya.

Padahal salah satu alasan gw nyantol di Bandung gara2 jarak kesana kemari yang deket dan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Sayangnya hal itu ga didukung ama rute angkot dan sopir2 angkot yang pengertian.

Nyampe di BPLH, gw langsung nyamperin contact person yang uda gw hubungin sebelumnya. Rasa kesal gw ama insiden angkot cukup terkikis karena dia baik dan ramah. Data2 yang gw butuhin juga dia cari saat itu juga. Biasanya kan ribet banget tuh birokrasinya kalo soal urusan nyari2 data. Yang tadinya gw pikir bakal lama, ternyata gw cuma 30 menit di sana. Jam 11 gw cabut dari BPLH, kudu jalan dulu buat nemu angkot ke Dago. Turun di bank BCA buat ngambil kiriman adek gw. Dari BCA jalan deh ke kosan, lumayan.. membakar kalori ^^ Gw pulang dulu buat ngambil notebook, abis itu langsung cao lagi ke perpus UNPAD buat PA (Pendalaman Alkitab) ama k'Tiur. Gw uda dateng on time, ternyata k'Tiur, Nita ama Helen datengnya telat. Jadinya gw sempet online bentar di wi-fi perpus.

Di PA, kita ngebahas tentang sikap seorang hamba. Dan tadi itu gw dapet banyak.. banget. Belajar tentang merendahkan hati untuk melayani. Bahwa Ketika kita melayani itu, bukan karena kita mampu tapi karena dimampukan. Dan itu juga bukan karena kita hebat, tapi karena emang itu sesuatu yang harus kita lakuin. Melayani dalam artian yang luas, bisa tentang hubungan dengan orang2 sekitar, sama anak bimbing, sama temen2 pelayanan. Kalo sama anak2 bimbing gw, emang gw akui kalo gw kadang suka capek dan bosen harus ngehubungin mereka terus, sementara seuatu kelompok PA yang bener2 kekeluargaan ga pernah terwujud sampe sekarang. Yang ada gw masih ngerasa kalo ada jarak antara gw ama anak2 bimbing gw, entah gara2 jarang ketemu, belum ada sense of belonging di keluarga PA gw.

Terus, k'Tiur juga sempet nyinggung2 soal motivasi, baik itu motivasi dalam pelayanan atau dalam hidup keseharian. Dan gw sendiri jadi ngerenungin lagi. Dari apa yang gw dapet selama ini, secara teori, motivasi gw itu seharusnya adalah karena gw mengasihi Allah yang uda terlebih dahulu mengasihi gw dengan bukti penebusan dosa di kayu salib.

Yang jadi perenungan gw, gimana sih rasanya secara riil bahwa gw mengasihi Allah. Karena yang gw tau adalah, mengasihi keluarga gw dengan gw berusaha buat nyenengin ortu, gw ga mau kehilangan mereka. Kadang gw merenungi ini karena keraguan yang muncul tentang eksis atau ngganya kasih gw buat Allah. Dari pertanyaan gw ini, jadi nyambung ke masalah keyakinan gw pribadi, apakah gw sendiri uda merasa kalo gw uda ditebus, uda selamat dan beroleh hidup yang kekal?
Jujur, sempat tercetus keraguan besar. Dan kemudian gw sadar, itu tuh intimidasi, yang nyoba buat goyahin keyakinan gw. Yang nyoba buat maksa gw berlogika dalam menganalisa karya penebusan DIA. Sementara, rancangan Allah bukan rancangan yang bisa dianalisa dengan pemikiran manusia. Kita itu ciptaanNya, apakah ciptaan bisa setara dengan Pencipta?

Yang perlu gw lakuin cuma meyakini dan mengamini, intimidasi itu pasti ada. Tinggal gimana ngadepinnya aja, apakah mau berlarut2 dengan pikiran2 itu, atau megang teguh iman yang uda dikaruniakan buat kita. Tadi gw yang nutup doa pulang, dan gw akui, gw agak sedikit terbata-bata dengan doa gw. Ya gara2 itu, ras ragu yang timbul kepermukaan.

Abis PA, gw ketemuan ama Mesry, buat wi-fi nyari2 lowongan magang. Eh, pas mo konek, yang ada 'problem loading'. Hua.. padahal sebelum PA tadi tuh koneksinya oke bin yahud. Akhirnya gw nyerah, jadinya gw beranjak pulang buat mandi dan istirahat, karena satu jam lagi bakal ada rapat seminar kecil, Women Life Training dimana gw yang jadi OCP nya.

Pas dateng rapat jam 5 teng, di cisral lagi, tereng ... belom ada satu pun yang dateng. Padahal uda gw SMS, uda gw ajakin secara langsung. Gw sedikit sedih sih. Ternyata gini ya rasanya, ketika gw jadi seorang pemimpin dan gw ngerasa gagal buat ngayomin orang2 yang gw pimpin. Baru 40 kemudian rapatnya dimulai, itu juga panitia yang dateng baru 1 orang, ama 1 orang lagi semacem Steering Committe (SC) di pelayanan. 20 menit setelah rapatnya dimulai barulah muncul 1 orang panitia lagi. Jadi totalnya tiga orang panitia dan 4 orang SC yang hadir di rapat itu.

Oia, seminar Women Life Training (WLT) itu sendiri seminar kecil2an yang diadain Navigator UNPAD, dihadiri ama cewe2 Nav. Kali ini dengan tema tentang lidah, jadi tentang gimana menjadi berkat lewat ucapan. Kan yang namanya cewe tuh ga lepas dari ngegosip, suka membeberin cerita ke segala penjuru, atau ucapan2 yang sia. Gw sendiri berasa kayak pukulan telak banget waktu ditantang jadi OCP buat acara ini. Secara gw bukan orang yang masuk kategori bertutur kata baik dan benar. Wong pertanyaan yang paling sering diajukan ke gw aja 'Wi, tadi pagi lo sarapan TOA ya?' (buat yang ga tau, TOA adalah merk alat pengeras suara)
Emang ga identik ama ucapan2 yang kasar, tapi tetep aja tetanggaan, yah gw akui juga sih (^_^) kadang ucapan gw yang niatan buat ngelawak, terasa ngiris di hati juga kali ya.

Nah, di tengah2 rapat dapet SMS dari Kenong yang ngajak chat. Itu jam 6 lewat dikit, gw baru slese rapat jam 7. Gw langsung aja ngacir ke warnet. Pas online, ternyata dia uda offline, langsung aja gw miscal. Eh, dia langsung online. Ngobrol2 deh, dan seperti biasa diselingin cela2an atau flirting2an. Kita juga ngomongin soal jalan2 pasca sidang skripsi. Jadi waktu telpon2an kemaren, kita sempet mau bikin hadiah buat yang duluan sidang diantara kita berdua. Nah, waktu dia nyinggung2 soal jalan2 ke pantai ama temennya minggu depan, gw jadi mupeng buat jalan2 ke Bali. Gw juga heran, kok jauh bener ya ampe ke Bali. Trus, sempet tercetus juga tentang jalan2 bareng (bareng dalam artian berdua) ke Bali, gw pengen banget liat sunrise, tapi yah cuma tercetus aja. Toh, kita juga sama2 tau, waktu makan berdua ke Pizza Hut aja itu uda diinterogasi hampir setengah jam ama Emak gw.

Kita cuma ngobrol ampe jam 8, karena dia mo PA jam 8. Jadinya gw ngajak orang laen yang lagi online, daripada langsung balik. Yang available ntu ada si Bos (pa Aletten) ama si Snape (Setiawan). Pertama2 gw congrats ke pa Aletten dulu buat ultahnya dia, ga sia2 emang gw congrats ke dia. Ternyata dia langsung nraktir Pizza Hut. Padahal dia lagi di Malaysia lho. Jadi tuh ntar duitnya dikirimin ke rekening gw. Nah, karena gw pikir mo rame2 jadinya gw sebar luaskanlah ama anak2 warnet yang ada, yaitu : Dika, Teguh ama Samuel. Ternyata, ga tau ya kalo gw salah nangkep, pa Aletten ntu niatan mo bliin gw personal pan pizza. Yah.. tau gitu.. ga usa gw bilang2 deh. Khehe.
Akhirnya kita jadi pesen regular Hawaiian Chicken Pizza, tukang anternya sempet nyasar pula. Uenak bow, apalagi tadi tuh gw lagi laper. Tapi agak2 sayang juga sih, kalo uda ditraktir tadi, ntar pas dia balik ke Bandung ga dapet traktiran lagi dongs. Yah .. yaudalah, tokh besok pagi juga pizzanya uda gw setor lagi di kamar mandi. Khehehehe.

Nasibnya si Setiawan? Gw buzz sih, trus sebaris kata 'pa kabar lo?' Cuma buat basa/i aja, emang ga banyak sih yang bisa diharapkan ketika lo nyapa si Setiawan. Ups. Khehehe.
Gus hiddink ^_^ Kita malah ngobrol2 kok, dan gw ga tau kenapa. Entah itu efek abis makan pizza atau apa. Tadi gw berbincang2 menyenangkan ama dia. Gw ngerasa, nyantai2 aja buat nyeletuk2. Yah biasanya juga sih, tapi berasa beda aja. Mungkin efek waktu kali ya. Itulah enaknya kalo punya temen yang jarak agak jauh, seklinya ngebuzz bisa seru2an. Kita ngomongin soal skripsi masing2, gw juga ngajakin dia road trip abis sidang skripsi. Trus, gw juga rekues buat nyantumin nama lengkap gw di skripsi dia. Gw cerita2 soal nama lengkap gw yang tercantum di tesis Babe gw. Ngomongin tentang surat2 yang kita bikin jaman SMU dulu. Ngomongin masalah dengan berat badan masing2. Ngomongin soal kuku gw yang berwarna di bagian jempol. Ngomongin soal makan2 all you can eat di pabrik sebelah rumah dia kalo gw jadian ntar. Kedengerannya ga penting emang. Tapi proses pembicaraan itu yang penting.

Bukankah begitu? Its about how you communicate, and then about what are you trying to communicate. Kalo kata temen gw yang uda keterima kerja sebagai auditor di LSM internasional yang beroperasi di Aceh. Mungkin. Mungkin juga salah.
Jadi selama proses pembicaraan gw ma Setiawan, gw ngerasa ada kejujuran, keterbukaan, rasa lepas yang ga pura2. Bahkan untuk pertama kalinya, di akhir chat gw bilang 'pembicaraan yang menyenangkan' and i mean it.

Dan here i am, uda balik di kosan, dan sekarang uda jam 23.50. Tadi emang sempet kepotong sih ketikan gw gara2 temen kosan yang baru balik dan nyeritain pengalaman traktiran dia ama alumni2nya. Besok, gw curiga ga bangun telat lagi. Liat besok deh. Sekarang gw kudu tidur. Ga mau ngejadiin tidur telat sebagai kebiasaan. Tidak ada kata terlambat. Gw ga mau jadi bagian dari kaum yang dipandang intelek karena mengenyam pendidikan sarjana, tapi ga berusaha menjaga kesehatan tubuh sendiri.

No comments: