Wednesday, March 14, 2007

jolma + komitmen

Senin, 12 Maret 2007
20.54

Hari ini gw awali dengan nerima telpon dari Kenong, yang bangunin gw karena gw harus bertugas ke warnet. Sempet tergoda buat geletakin kepala lagi ke bantal nan empuk, tapi masih terngiang omongannya Kenong yang bilang "jangan tidur lagi ya", jadinya gw bangun deh.

Saat teduh tadi pagi gw dapet tentang 'jadi terang'. Tentang being faithful in little things.
Gw sendiri emang ga ada habisnya kalo udah ngomongin tentang little things, karena emang banyakan jatuh di hal-hal yang terkesan sepele, padahal justru yang kecil-kecil kalo dibiarin malah jadi gede. Yang namanya belajar emang ga ada habisnya, dan gw masih terus belajar buat bisa setia di hal-hal kecil itu.

Berangkat ke warnet, di perjalanan dapet sms dari Kenong yang sharing tentang firman yang dia dapet pagi itu, dia juga ingetin gw buat sate. Tiba di warnet jam 8 teng! Gw langsung ngerjain tugas yang emang seharusnya gw kerjain, yaitu nyapu dan ngepel. Sementara partner jaga gw, Sabar, belom dateng. Awalnya gw yakin kalo gw ga masalah dengan keterlambatan dia. Tapi waktu dia nyampe dengan minta maap, gw akuin emang ada kepuasan yang jahat di hati gw. Secara dia itu koordinator, dan gw bisa nunjukkin kalo dia uda ngelakuin kesalahan.
Ckckckck, emang ya hati orang siapa yang tau.

Awalnya, gw uda rencanain ga mau browsing2 lagi, soalnya minggu malem kemaren gw juga uda jaga. Dan uda di depan komputer hampir 5 jam. Jadi uda bawa2 jurnal + buku Freakonomics buat dibaca2. Tapi yang ada, gw malah manteng aja terus di depan komputer. Ada aja yang gw search. Dari cara2 make software WMovieMaker ampe jadwal film di bioskop.

Teng. Jam menunjukkan pukul 12, itu artinya jam tugas gw uda beres. Dari satu jam sebelumnya gw uda ngajakin yang laen buat bli makan siang, karena gw uda kelaperan. Tapi ga ada yang mau, waktu ditawarin makan siang, gw udah ga mood lagi. Jadinya gw langsung balik aja, lewat warung makan Bu May, itu juga karena gw liat anak2 lagi pada nongkrong di situ. Ada si Bintara, Maria Gede & Martin. Sekalian juga ada titipan temen yang mau gw ambil dari Bu May, yang ternyata malah ga ada.
Jadinya gw ngobrol2 ama Bintara tentang skripsi gw, yang terlantar gara2 gw bingung mau ngerjain apa sejak bimbingan (yang ngga membimbing) pertama ama dosen pembimbing gw.

Sorenya gw ke perpus, ketemuan ama temen gw, Mesry, mau ngambil notebook gw, skalian gw juga mau baca2 skripsi orang yang sedikit banyak nyambung ama judul gw. Sejam di perpus, mata gw rasanya uda berat.. banget, jadinya gw ama temen gw sepakat buat get out. Kita pergi nge-jus (beli jus) dan ngobrol2 di gazebo deket kampus. Yah, pembicaraan pada umumnya, ketika dua cewek berkumpul.
Plus, ngomongin soal anak-anak bimbing masing2. Sambil nunggu temennya si Mesry juga sih, yang mau dateng jam5.30.

Nah, ngomong2 soal anak2 bimbing, gw sendiri masih ngalamin yang namanya fluktuasi hubungan gw ama anak2 rohani gw. Hari minggu kemaren gw sms mereka (Nita+Ida), ga ada yang bales sms gw. Gw juga sms Mida tadi pagi buat nyemangatin dia soal ujiannya hari ini, tapi ga dibales juga. Dan, di tengah2 bingung gw itu, gw malah ga kepikiran buat ngunjungin dia. Siapa tau aja dia bener2 lagi putus asa, dan yang gw lakuin malah cuma sms dia.

Gw malah sibuk ama diri gw sendiri. Mikirin soal cowo lah, soal makan siang besok (ga penting!!), soal rencana gw buat ke Jakarta minggu depan, data-data skripsi gw, kapan belanja bareng temen gw, pokoknya hal-hal lain selain ngunjungin Mida, anak bimbing gw. Gw ga peka banget ya, kadang gw membela diri dengan bilang, doa aja uda cukup kok.

Padahal, seharusnya gw bisa ngelakuin lebih. Yang ada tadi gw malah nonton sinetron!
Hmmmhhh.. apa ya yang salah ama gw. Kenapa ketika nulis ini sekalipun, gw ga bener2 ngerasa bersalah. Gw ga bener2 ngerasa sedih. Apa yang salah ama gw. Apa gw uda mati rasa ama orang2 lain di sekitar gw? Apa gw terlena ama hubungan gw ama orang yang nun jauh di sana, sampai orang terdekat gw di sini yang lagi sedih aja gw ga bisa bersikap sensitif.
Apa ketika gw ngga punya kecengan aja gw bisa peduli ama anak-anak bimbing gw?

Kadang gw ngerasa kepala gw begitu penuh akan banyak hal, sampe gw lupa ama prioritas gw.
Dan gw malah menyalahkan hal2 lain itu, yang bikin gw lupa prioritas. Padahal yang salah, ya gw. Itu ga akan kejadian kalo gw bersikap bijaksana, ketika gw ga mengandalkan pikiran gw sendiri, ketika gw ga mengandalkan filosofi gw sendiri, ketika tujuan gw bukan untuk aktualisasi diri, ketika doa2 gw bukan sekedar omongan manis aja yang gw denger dari orang lain dan gw tiru.

Semoga ini jadi satu pelajaran lagi buat gw, ingetin gw lagi tentang prioritas. Tentang komitmen. Enak banget ya nyebut kata komitmen, seolah2 indikator kalo orang yang nyebut2 kata itu orang yang dewasa dan keren banget.
Nyatanya ga segampang itu, komitmen gw dulu buat jadi kaka pembimbing adalah buat nyerahin diri gw dipake Tuhan jadi pekerjaNya. Pekerja yang menuai. Bukan tanggung jawab yang kecil. Dan kejadian hari ini jadi teguran buat gw, yang ingetin lagi tentang komitmen gw yang dahulu kala itu.
Juga komitmen gw buat berubah, mengevaluasi diri. Dari sikap, pikiran, ucapan, manajemen waktu, manajemen diri. Yang ada malah berakhir jadi satu kata yang seolah ga ada makna lagi, komitmen.

Bisa sebanyak ini gw nulis. Padahal, waktu gw pencet start+Run dan ngetik 'notepad', gw pikir tulisan gw tentang hari ini gw akan sampai 3 alinea. Tapi justru ketika gw nulis dan mengevaluasi hari gw sekarang, diiringi Norah Jones, gw malah menyadari satu hal. Yang ga keliatan sampai lebih dari 12 jam yang gw jalani. Hal yang krusial, yang telak buat gw. Betapa gw uda nyia2in waktu gw tadi, betapa gw uda begitu mudah ngelupain makna komitmen yang uda gw buat.

Tadi ketikan ini sempet terpotong karena bang Fritz yang dari ujung pulau Sumatera sana nelpon ke HPku, sampe satu jam lebih. Dan kita cerita2 tentang banyak hal, tentang anak2 di Bandung, senior2 di Medan. Tentang berita2 terbaru di daerah masing2. Juga cerita tentang hubungannya sama orang2, yang dia rasa ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Dan aku sebagai pihak netral, cuma bisa ngasih opini dari apa yang aku liat, moga2 aja bisa meaning buat dia. Aku juga cerita soal hubunganku ama anak2 bimbingku, tentang tulisanku ini.

Kok jadi pake 'aku' ya.. Hmm, efek abis ditelpon ama orang yang lebih tua nih.
Tapi seru juga ya cerita2 ama temen lama. Sekarang aku ga tau lagi mau ketik apa, karena, jujur, yang ada di kepala ku kenapa orang yang aku tunggu2 buat miscal belom miscal juga ya.
Yah, sambil nunggu kayaknya mau ngunjungin temen kosanku, si Intan, dulu yang lagi bermasalah ama komputernya.

No comments: